RENCANA STRATEGIS 2011 – 2013

 A.         PROGRAM STRATEGIS

  1. Pegembangan sistem pendidikan yang bermutu, baik akademik maupun non akademik
  2. Penyusunan KTSP, Sylabus, dan RPP.
  3. Peningkatan proses pembelajaran PAKEM dengan menggunakan media.
  4. Peningkatan dan pengembangan sistem penilaian
  5. Peningkatan SDM pendidik dan kependidikan melalui workshop, pelatihan, dll
  6. Peningkatan dan pengembangan sarana dan prasarana sekolah
  7. Peningkatan pengelolaan managemen berbasis sekolah
  8. Peningkatan pengelolaan sumber dana dan pembiayaan

B.    STRATEGI PELAKSANAAN/PENCAPAIAN

  1. Peningkatan kwalitas Penerimaan Siswa Baru
  •    Peningkatan kwalitas proses pembelajaran
  •    Peningkatan kwalitas penilaian dalam proses belajar dan hasil belajar
  •    Penyelenggaraan tambahan jam pelajaran untuk semua jenjang kelas
  •    Peningkatan frekwensi dalam lomba  akademis dan non akademis
  •    Bimbingan khusus siswa berprestasi untuk semua jenjang kelas
  •    Peningkatan kwalitas kegiatan ekstra kurikuler
  •    Pembinaan khusus bagi anak kls IX yang  nilainya kurang dari SKL

2. Sosialisasi KTSP

1. Pelatihan Penyusunan KTSP

  •   Penyusunan KTSP, Sylabus, RPP
  •   Pengembangan Sylabus dan RPP
  1. 1.   Penguasaan KTSP dan model pembelajaran
  2. Penguasaan penggunaan media pembelajaran
    1. 1.   Penguasaan jenis-jenis penilaian
    2. Penguasaan penskoran penilaian
    3. Penguasaan pembuatan perangkat penilaian
    4. Penguasaan pelaksanaan penilaian
    5. Penguasaan analisis butir soal dan analisis hasil tes siswa.

 

  1. 1.   Mengikuti pendidikan serendah-rendahnya S1
  2. Menyelenggarakan/mengikuti pelatihan, seminar, workshop, , dll
  3. Peningkatan penguasaan multi media, internet, dll.
    1. 1.   Pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah yang ada
    2. Penambahan sarana dan prasarana sesuai kebutuhan
    3. Peningkatan kelengkapan sarana dan prasarana
      1. 1.   Pemahaman Managemen Berbasis Sekolah
      2. Merencanakan, melaksanakan pengelolaan sekolah sesuai standar MBS
      3. Menjalin kerjasama antara sekolah dengan komite sekolah, dan pihak lain yang terkait.
        1. 1.   Perencanaan dan penggalian sumber dana
        2. Pemanfaatan sumber dana
        3. Monitoring dan evaluasi pengelolaan dana

 

  1. C.    HASIL YANG DIHARAPKAN 

1.1.    Prestasi akademik 4 tahun mendatang mencapai :

Rerata UN

7.53

Rerata US

7.63

Pencapaian Nilai UN   10

10 %

Prosentase Kelulusan

100 %

Lulusan diterima di SLA Negeri

70 %

Ketuntasan Minimal (LKKM) Kelas 7

70 %

Ketuntasan Minimal (LKKM) Kelas 8

75 %

 

Angka Kenaikan Kelas

100%

Angka Tinggal Kelas

0%

Angka Putus Sekolah

0%

 

Matematika dan IPA

Juara III Kab.

Bhs Inggris dan Indonesia

Juara III Kab.

IPS

Juara III Kab.

Bahasa Jawa (Keguritan dan macopat )         Juara I Prop.

 

1.2.    Prestasi non akademik 4 tahun mendatang mencapai :

Olah Raga

 

– Bola Voli

Juara 1 Kab.

– Sepak Bola

Juara 1 Kab.

– Basket

Juara 1 Kab.

– Atletik

Juara 1 Kab.

Kesenian

 

– Seni Tari

Juara 1 Kab.

– Seni Suara

Juara 1 Kab.

– Teater/Pidato/Puisi

Juara 1 Kab.

– Seni Rupa

Juara 1 Kab.

Keagamaan

 

– Adzan

Juara 1 Kab.

– Tartil

Juara 1 Kab.

– Qiro’ah

Juara 1 Kab.

– Rebana

Juara 1 Kab.

Kegiatan Lain

 

– Pramuka

Juara 1 Kab.

– PMR

Juara 1 Kab.

– Drum band

Juara 1 Kab.

  1. Prestasi bidang kurikulm 4 tahun mendatang :

Target yang harus dicapai

%

Kurikulum 100%  memenuhi standar nasional pendidikan (perangkat pembelajaran sudah disusun untuk kelas 7-9 semua mapel)

100%

 

Proses KBM dengan metode CTL didukung media pembelajaran yang memadai

100%

  1. Prestasi bidang Proses Pembelajaran  4thn  mendatang
Pengembangan  Proses Pembelajaran:  
Proses pembelajaran  sudah memenuhi standar nasional pendidikan, yaitu 100% guru melaksanakan CTL

100%

Perangkat Pembelajaran :

Prota,Promes,RPP,KTSP,Silabus, Penilaian

100%

Penerapan Model Pembelajaran (CTL, ICT,)

100%

Proses Pembelajaran PAKEM

100%

Peningkatan KKM

– Pendidikan Agama

7.5

– PPKn

7.5

Bhs Indonesia

7.0

– Bhs Inggris

7.0

– Matematika

7.0

– IPA

7.0

– IPS

7.0

– Kesenian

7.5

– Penjaskes

7.5

– Ketrampilan

7.5

– TIK

7.5

– Bhs Jawa

7.5

– English Conversation

7.0

 

  1. Prestasi yang diharapkan 4 tahun mendatang bidang penilaian

Pengembangan penilaian

%

Perangkat Penilaian sesuai KTSP yang berstandar SSN

100%

Pengembangan penilaian melalui uji coba, lomba-lomba mapel, dll

100%

Kegiatan pelaksanaan penilaian

100%

Penyusunan Bank Soal

100%

  1. Prestasi yang diharapkan 4 tahun mendatang bidang tenaga pendidik dan kependidikan
Pengembangan  Pendidik dan Tenaga Kependidikan:  
Sertifikasi kompetensi guru dan tenaga kependidikan

100%

Kemampuan guru dan karyawan dalam penguasaan dan pengoperasian komputer, LCD, internet

100%

Peningkatan kwalitas guru melalui MGMP, seminar, workshop, pelatihan, dll

100%

Studi banding

5 x

 

  1. Prestasi yang diharapkan 4 tahun mendatang bidang sarana dan prasarana
Pengembangan  Prasarana dan sarana:  
Bangunan/Ruang Belajar

(kelas, laboratorium, dll)

100%

Bangunan/Ruang Pendukung

( Aula, R. Guru, R. TU, KM/WC, R.Perpus, R.Lab.,R.UKS, R.Media Pembelajaran ,R.Ketrampilan dll)

100%

Media Pembelajaran

(alat-alat laboratoriujm, Komputer, OHP,Lap top, LCD, dll)

100%

Bahan/Sumber Belajar

(Buku-buku, kurikulum, dll)

100%

  1. Prestasi yang diharapkan 4 tahun mendatang bidang manajemen
Pengembangan  Pengelolaan:         %
100% Fungsi-fungsi pengelolaan sekolah memenuhi standar nasional pendidikan

100%

Rencana Pengembangan Sekolah : RKS , RKAS I

100%

Struktur Organisasi Sekolah

100%

Pendayagunaan SDM

100%

Kwalitas Pembelajaran

100%

Administrasi Sekolah

100%

Implementasi MBS

100%

Partisipasi Masyarakat

100%

Jaringan Informasi Sekolah

100%

Unit Usaha Produktif

100%

Monitoring dan Evaluasi

100%

Pelaporan

100%

  1. Prestasi yang diharapkan 4 tahun mendatang bidang pembeayaan
Pengembangan  Pembiayaan:         %
Pembiayaan memenuhi standar nasional (di atas  852.000 rupiah per tahun per anak)

100%

Income Generating Activities  
Kerjasama Alumni  
Kerjasama Sponsor  
Kerjasama Komite Sekolah  

 

  1. D.    TONGGAK-TONGGAK KEBERHASILAN

NO

ASPEK-ASPEK PROGRAM STRATEGIS

TONGGAK-TONGGAK KEBERHASILAN

11/12

12/13

13/14

14/15

           
1 KELULUSAN

Rerata UN

7.13

7.50

7.75

8.00

Rerata US

6.97

7.13

7.75

8.00

Pencapaian Nilai UN   10

1

3

6

12

Prosentase Kelulusan

100 %

100 %

100 %

100 %

Lulusan diterima di SLA Negeri (%)

50 %

60 %

70 %

85 %

Ketuntasan Minimal (KKM) Kelas 7

62

64

70

75

Ketuntasan Minimal (KKM) Kelas 8

65

70

71

75

Ketuntasan Minimal (KKM) Kelas 9

65

72

73

75

Angka Kenaikan Kelas (%)

99

100

100

100

Angka Tinggal Kelas (%)

1

0

0

0

Angka Putus Sekolah

0

0

0

0

Matematika dan IPA

0

Hrpn 1

Juara 3

Juara 2

Bhs Inggris dan Indonesia

0

Hrpn 1

Juara 3

Juara 2

IPS

0

Hrpn 1

Juara 3

Juara 2

Bahasa Jawa (geguritan, Macopat)

Juara I

Juara I

Juara I

Juara I

Olah Raga        

– Bola Voli

0

Hrpn 1

Juara 3

Juara 2

– Sepak Bola

0

Hrpn 1

Juara 3

Juara 2

– Basket

0

Hrpn 1

Juara 3

Juara 2

– Atletik

0

Hrpn 1

Juara 3

Juara 2

– Bulutangkis

0

Hrpn 1

Juara 3

Juara 2

– Sepak Takrow

0

Hrpn 1

Juara 3

Juara 2

Kesenian

 

     

– Seni Tari

0

Hrpn 1

Juara 3

Juara 2

– Seni Suara

0

Hrpn 1

Juara 3

Juara 2

– Teater/Pidato/Puisi

0

Hrpn 1

Juara 3

Juara 2

– Seni Rupa

0

Hrpn 1

Juara 3

Juara 2

Keagamaan

 

     

– Adzan

0

Hrpn 1

Juara 3

Juara 2

– Tartil

0

Hrpn 1

Juara 3

Juara 2

– Qiro’ah

0

Hrpn 1

Juara 3

Juara 2

– Rebana

0

Hrpn 1

Juara 3

Juara 2

Kegiatan Lain

 

     

– Pramuka

0

Hrpn 1

Juara 3

Juara 2

– PMR

0

Hrpn 1

Juara 3

Juara 2

– Drum band

0

Hrpn 1

Juara 3

Juara 2

         

II

KURIKULUM

%

%

%

%

Kurikulum 100%  memenuhi standar nasional pendidikan (KTSP, perangkat pembelajaran, sylabus, RPP semua mapel)

30

60

90

100

Proses KBM dengan metode CTL didukung media pembelajaran yang memadai

30

60

90

100

         
III PROSES KBM        
  Proses pembelajaran  sudah memenuhi standar nasional pendidikan, yaitu 100% guru melaksanakan CTL

30

60

90

100

   

  Perangkat Pembelajaran :

Prota,Promes,RPP,KTSP,Silabus, Penilaian

60

90

100

100

  Penerapan Model Pembelajaran (CTL, ICT,)

30

60

90

100

  Proses Pembelajaran PAKEM

60

90

100

100

  KKM

  – Pendidikan Agama

65

67

69

72

  – PPKn

65

67

69

72

  Bhs Indonesia

61

63

65

67

  – Bhs Inggris

61

62

63

64

  – Matematika

59

60

61

62

  – IPA

60

61

62

63

  – IPS

60

61

62

63

  – Kesenian

62

63

64

65

  – Penjaskes

63

64

65

66

  – Ketrampilan

63

64

65

66

  – TIK

60

61

63

65

  – Bhs Jawa

60

62

65

66

  – Conversation

60

61

63

64

           
IV PENILAIAN

%

%

%

%

  Perangkat Penilaian sesuai KTSP yang berstandar SSN

30

60

90

100

  Pengembangan penilaian melalui uji coba, lomba-lomba mapel, dll

30

50

70

90

  Kegiatan pelaksanaan penilaian

80

85

90

100

  Penyusunan Bank Soal

30

60

90

100

   

V SDM PENDIDIKAN DAN KEPENDIDIKAN

 

%

%

%

%

  Sertifikasi kompetensi guru dan tenaga kependidikan

10

20

30

40

  Kemampuan guru dan karyawan dalam penguasaan dan pengoperasian komputer, LCD, internet

30

50

60

90

  Peningkatan kwalitas guru melalui MGMP, seminar, workshop, pelatihan, dll

50

60

70

85

  Studi banding 1 1 1 1
           
VI PENINGKATAN DAN PENGEMBANAN SARANA PRASARANA

 

%

%

%

%

  Bangunan/Ruang Pendukung

( Aula, R. Guru, R. TU, KM/WC ,R.Lab., R.Perpus., R. UKS., R.Media Pembelajaran, R.Ketrampilan )

60

70

80

90

  Bangunan/Ruang Belajar

(kelas, laboratorium, R.Media Pembelajaran, R.ketrampilan )

80

85

90

95

  Media Pembelajaran

(alat-alat laboratoriujm, Komputer, OHP,dll)

70

80

90

95

  Bahan/Sumber Belajar

(Buku-buku, kurikulum, dll)

40

50

70

90

VII PENINGKATAN PENGELOLAAN MANAJEMEN SEKOLAH

 

%

%

%

%

  Fungsi-fungsi pengelolaan sekolah memenuhi standar nasional pendidikan

60

70

80

90

  Rencana Pengembangan Sekolah : RKAS I, RKAS II

 

75

85

90

95

  Struktur Organisasi Sekolah

85

90

93

97

  Pendayagunaan SDM

70

75

80

90

  Kwalitas Pembelajaran

70

80

90

95

  Administrasi Sekolah

70

80

90

95

  Implementasi MBS

70

80

90

95

  Partisipasi Masyarakat

60

70

80

90

  Jaringan Informasi Sekolah

30

50

70

90

  Unit Usaha Produktif

20

45

70

90

  Monitoring dan Evaluasi

70

80

90

95

  Pelaporan

70

80

90

95

           
VIII PENINGKATAN DAN PENGELOLAAN SUMBER DANA DAN PEMBEAYAAN

%

%

%

%

  Pembiayaan memenuhi standar nasional (rupiah per bulan per anak)

30

50

70

90

  Income Generating Activities

5

10

15

20

  Kerjasama Alumni

10

20

30

40

  Kerjasama Sponsor

5

10

15

20

  Kerjasama Komite Sekolah (%)

80

85

90

95

 

J. MONITORING DAN EVALUASI (MONEV)

  1. Mewujudkan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pendidikan dan hasil-hasilnya oleh Kep. Sek 3 bulan sekali dan 1 kali satu  tahun oleh konsultan.
  2. Mewujudkan supervisi klinis beserta  tindak lanjutnya
  3. Mewujudkan supervisi klinis CTL
  4. Mewujudkan evaluasi kinerja sekolah
  5. menyusun tim evaluasi monitoring
  6.  membuat instrumen evaluasi monitoring
  7. menganalisa hasil evaluasi
  8. validasi hasil evaluasi
  9. membuat laporan evaluasi dan monitoring

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s