Teknologi Irit BBM

Teknologi katup pintar yang dipasang di mobil Toyota NAV1 yakni valvematic di masa depan bisa saja akan diterapkan ke mobil-mobil Toyota lainnya.

“Kita bisa jadi ke depan bukan hanya NAV1 yang pakai valvematic,” ujar General Manager Technical Service Division PT Toyota-Astra Motor Dadi Hendriadi di sela-sela media test drive Toyota NAV1 di Cirebon, Rabu (19/12/2012).

Dadi tidak bisa menyebutkan kapan kira-kira valvematic menjadi fitur di semua mobil Toyota, yang pasti menurutnya valvematic akan bisa dipasang di mobil berkapasitas mesin di atas 2.000 cc dulu.

“Semua bisa pakai valvematik cuma akhirnya kalau kecil berat dengan mekanismenya. Saya pikir 2.000 cc ke atas, tapi teknologi ke depan saya rasa bisa saja di bawah 1.000 cc,” ujarnya.

Jadi apa Valvematic itu? Valvematic merupakan pengembangan dari teknologi VVT-i, berupa sistem continous valve lift control bekerja sama dengan sistem valve timing control milik VVT-i.

Sistem Valvematic juga tidak tergantung pada fungsi throttle valve karena mengatur sendiri volume intake udara menggunakan valve lift.

“Apa untungnya? Konsumsi BBM lebih bagus dan respons engine lebih cepat, pada saat kita gas, revolution engine cepet naiknya,” ujarnya.

Keuntungan lain adalah tenaga yang lebih meningkat karena bukaan katup bisa lebih besar lagi. “Pada saat gas ditekan habis si katup (intake udara) akan membuka lebih besar sehingga banyak udara yang masuk dan meningkatkan tenaga,” ujarnya.

Keuntungan lain sistem ini adalah emisi yang lebih bersih. Sistem dapat mempertahankan kecepatan udara pada putaran mesin rendah dengan jumlah angkatan katup yang lebih kecil.

Toyota mengklaim penggunaan teknologi ini memungkinkan NAV1 memiliki angka konsumsi BBM irit sebesar 1:12. Mereka juga menilai keiritan mobil lebih bagus 5-10 persen dibanding mesin lain dengan kapasitas mesin yang sama. Begitu pula performa, lebih tinggi 10 persen dibandingkan mesin lain.

NAV1 sendiri hadir dengan 2 tipe yakni G yang dibanderol Rp 378 juta dan untuk tipe V dibanderol Rp 398 juta on the road Jakarta dan sekitarnya.

Mobil ini dilengkapi dengan mesin 3ZR FAE, 2.000 cc 4 silinder segaris 16 valve DOHC with VALVEMATIC yang mampu menyemburkan tenaga 158 PS pada 6.200 rpm dengan torsi 196 Nm pada 4.400 rpm yang disalurkan melalui transmisi CVT 7 speed shift tronic

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s